implementasi/ penerapan/ penggunaan OODB di suatu institusi.

artikel OODB yang membahas implementasi/ penerapan/ penggunaan OODB di suatu institusi.

 

Object-oriented database atau object database adalah sebuah model basis data yang informasinya direpresentasikan dalam bentuk objek, seperti yang digunakan pada pemograman berorientasi objek. OODB direkomendasikan ketika ada kebutuhan bisnis untuk memproses data yang kompleks.Sesuai dengan namanya, OODB adalah gabungan kemampuan basis data yang dikombinasikan dengan bahasa pemograman berorientasi objek. Lebih lanjut, OODB ini tidak hanya menjadi jenis baru dari basis data, tapi juga menghasilkan sistem manajemen basis data (SBD) yang dinamakan Object Database Management System (ODBMS).Kemampuan yang dimiliki oleh bahasa pemograman berorientasi objek antara lain: tipe data abstrak, inheritance (pewarisan), dan identitas objek. Jika dikombinasikan dengan basis data, akan menjadi OODB yang: persisten, mendukung adanya transaksi, query yang simple untuk data yang besar, akses dan control yang konkuren, keamanan, dan data recovery.

Penerapan :

Basis data (database) merupakan mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data. Bagi setiap institusi maupun perusahaan, basis data sangat penting karena basis data tidak hanya mempercepat Perolehan informasi, tetapi juga dapat meningkatkan daya saing terhadap perusahaan lain.Hal inilah yang mendorong banyak perusahaan yang menggunakan pemrosesan manual mulai beralih memanfaatkan basis data yang terkomputasi.

OODB atau ODBMS dirancang untuk bekerja pada bahasa pemrograman OOP seperti Java, C++ dan lain lain. Bila kita ingin menyimpan obyek pada program Java atau C++ ke dalam sebuah sistem basis data, kita dapat menggunakan basis data yang berorientasi kepada obyek (ODBMS).

 

Penggunaan:

OODB sangat banyak digunakan dalam bidang CAD/CAM dan Intelegensia Buatan (AI) karena OODB mendukung tipe data yang kompleks dan relasi yang sulit. Juga OODB secara efisien mendukung tipe data multimedia yang banyak digunakan dalam aplikasi CAD/CAM

Pada kesempatan lain Cattell dari Sun Microsystems menyatakan bahwa OODB juga digunakan pada sistem pendataan pasien rumah sakit karena bagi staf rumah sakit OODB lebih mudah dipergunakan daripada basis data relasional.

Implementasi :

Akmal Chaudhri, seorang ahli sistem basis data dan doktor di The City University, London menyatakan bahwa beberapa perusahaan besar di London diantaranya J.P. Morgan, Chase Manhattan dan Citibank menggunakan teknologi ODBMS untuk pemodelan instrumen keuangan seperti obligasi. Hal ini disebabkan teknologi ini membantu mengolah isntrumen yang dibutuhkan dalam pemodelan secara efektif. Teknologi berorientasi-obyek juga mendukung mekanisme penurunan (inheritance) untuk pemodelan instrumen berikutnya dengan cepat dan mudah.

Juga menurut Akmal Chaudhri, jika kita ingin memodelkan sebuah Boeing 747 dengan ODBMS, maka hubungan antara komponen pesawat dikelola langsung oleh sistem basis data. Sedangkan jika kita menggunakan RDBMS, kita harus membagi-bagi pesawat tersebut ke dalam tabel-tabel dan menghubungkan lagi tabel-tabel tersebut bila kita ingin membangun kembali pesawat tersebut

 

 

 

Kutipan Artikel :

  • Objek oriented database
  • OBJECT ORIENTED DEVELOPMENT ENVIRONMENT
  • Prospek oodb

 

ULASAN :

Saat ini penggunaan sistem teknologi informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan di setiap organisasi / perusahaan baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar. Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan tidak memiliki banyak pilihan untuk bisa unggul dalam persaingan tersebut. Efisiensi dan efektifitas perusahaan menjadi sebuah kewajiban yang harus dipenuhi bagi perusahaan untuk bisa menang dalam low cost strategy sehingga bisnis dapat berjalan berkesinambungan. Salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam sebuah perusahaan adalah penggunaan sistem database dalam pengelolaan data.

Aplikasi DBMS populer yang tersedia antara lain adalah Microsoft Access atau aplikasi kategori Open Source seperti OpenOffice Base yang bisa secara didapat gratis. Aplikasi-aplikasi tersebut digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Setelah database selesai dibuat, perusahaan skala kecil bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mendukung kegiatan operasional. Kegiatan tersebut disebut Online Transaction Processing (OLTP) yang meliputi pengumpulan info, pemrosesan info, memperbaharui info. Database yang mendukung OLTP disebut Database Operasional (Operational Database).

Setelah memanfaatkan aplikasi DBMS, langkah berikut adalah mengelola informasi. Hal ini bukan suatu pekerjaan yang mudah, meliputi siapa yang bisa melihat dan menggunakan, bagaimana mem-backup, berapa lama harus disimpan, teknologi penyimpanan yang tepat dan lain-lain. Sebagai penutup, sudah saatnya perusahaan kecil beralih dalam pengelolaan informasi yang dimiliki dengan menggunakan aplikasi DBMS, tidak lagi hanya menggunakan Spreadsheet saja. Kemudahan dalam pencarian informasi akan membantu perusahaan kecil dalam memantau kegiatan operasional dan mempermudah dalam pengambilan keputusan.

Database persediaan memungkinkan perusahaan ritel dengan cepat dan mudah melihat persediaan mereka, menilai berapa banyak produk tetap di tangan, dan menentukan kapan untuk memesan barang-barang pengganti. Kunci keberhasilannya adalah entri data akurat.

 

Sumber : http://www.geocities.com/a_alaydrus/oodb/bab2.html

http://dakoop.blogspot.com/2008/10/object-oriented-database.html

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s